Selasa, April 29, 2008

TIP MEMILIH MONITOR

TIP MEMILIH MONITOR

  • Pilih ukuran yang tepat ( Minimum pilihlah yang 15” , karena daya pandang yang lebih luas daripada monitor 14” ,lagipula harga monitor 14”dan 15” tidak jauh berbeda, namun bagi Anda yang memakai computer untuk design grafis lebih baik Anda memilih monitor 17 atau 19”.

  • Refresh Rate ( Hati-hatilah dengan monitor yang memiliki refresh rate yang rendah ( dibawah 70 Hz ) akan membuat Anda pusing karena layer terlihat berkedip. Hal ini juga lama-lama bisa merusak mata Anda. Standart yang direkomendasikan minimal 85 Hz , Lebih baik diatas 85 Hz atau 120 Hz.

  • Resolusi ( Resolusi minimal ketika memakai windows umumnya 800 x 600 dpi, namun bagi windows xp resolusi seperti itu terlihat kurang luas , karena ikon dan tampilan yang ada besar-besar. Sebaiknya di windows xp Anda menggunakan resolusi 1024 x 768 dpi. Idealnya resolusi monitor 1024 x 768 dpi atau 1280 x 1024 atau yang lebih tinggi.

  • Dot Pitch ( Atau kerapatan pixel menentukan kualitas monitor. Semakin dekat jarak kerapatan pixel, semakin halus dan tajam gambar yang dihasilkan. Monitor 15” biasanya memiliki kerapatan pixel 0,28 mm dan 17” 0,26 mm atau lebih kecil.

  • Standart Radiasi ( Monitor memancarkan radiasi elektromagnetik. Pastikan monitor yang Anda beli memenuhi standar radiasi seperti MPR II yang dikembangkan oleh Swedish Labor Union tahun 97 dan TCO.

  • KARTU GRAFIS ( Gunakanlah kartu grafis yang sesuai atau cocok dengan monitor Anda dari segi resolusi, refresh rate dan kedalaman warna. Minimal memori kartu grafis Anda sebesar 16 atau 32 , lebih besar lebih bagus.

  • Harga ( Carilah harga yang sesuai dan Apakah harga monitor itu sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Jangan sampai Anda tertipu dengan barang yang bukan baru alias rekondisi.

Sebelum membeli monitor , cobalah dulu :

  • Pertama , setelah layer ke resolusi yang biasa Anda pakai. Perhatikan apakah gambar yang dihasilkan itu bagus dan tajam. Lihat juga bagian pinggir , sudut, atas , bawah , apakah dapat tampil rata dan bagus.

  • Atur brightness dan contrast. Brightness monitor itu bervariasi sampai 30 % dari pusat ke pinggir, dan ini bisa mengakibatkan sakit mata. Jika Anda melihat bayangan bundar atau tidak rata, carilah monitor yang lain.

  • Pehatikan spesifikasinya apakah sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan rasakan apakah monitor itu cepat membuat mata lelah, bila ia carilah yang lain , carilah yang radiasinya kecil atau aman bagi kesehatan mata.

Berbagai sumber.

Tidak ada komentar: