Selasa, April 29, 2008

MENCARI DATA YANG HILANG

MENCARI DATA YANG HILANG

MENGGUNAKAN UNDELETE

Program ini berguna untuk mengambil file yang terhapus.Caranya masukkan disket Dos 6.22, Lalu pada disket tersebut cari program UNDELETE dan copy-kan ke drive C: dan setelah itu Anda hanya perlu menentukan drive dan direktori yang akan di batalkan penghapusannya. Misalnya file yang telah terhapus di drive D di direktori data, perintahnya, yaitu :

C:>UNDELETE D: DATA

Lalu tekan Enter, maka proses pencarian file yang tehapus akan segera berjalan dan setelah file yang dicari ditemukan pilih Y untuk mengambilnya file tersebut.

MENGGUNAKAN UNFORMAT

Program ini berguna untuk membatalkan proses pemformatan atau recover. Caranya :

A:>UNFORMAT C:

Lalu Tekan Enter dan UNFORMAT akan mecari Mirrir ( Mirror adalah data bayangan ), Lalu pilih Y, Setelah itu restart computer.

CATATAN :

Jika Hard disk Terformat

  • Jangan pergunakan harddisk dulu ( jangan hidupkan computer ) sebelum proses penyelamatan data dilakukan. ( Karena bisa menimbulkan data-data pada harddisk akan tertimpa data lain atau terhapus. Sehingga data tidak bisa diselamatkan.

  • Booting ulang dari disket. ( Bootinglah sesuai Dos yang cocok pada harddisk tersebut, jangan pergunakan dos yang lebih rendah , karena akan menyebabkan gagalnya akses ke harddisk ).

  • Lakukan proses pembatalan pemformatan. ( Caranya dengan cara UNFORMAT yang sebelumnya telah dipelajari ).

  • Lakukan booting ulang atau restart computer agar hasil UNFORMAT dapat aktif.

  • Setelah cara diatas dilakukan periksalah data yang sudah dikembalikan dan apabila masih ada data yang belum atau rusak da tidak bisa diselamatkan gunakanlah program yang lain, seperti Norton Disk Doctor.

Jika File Terhapus

  • Jangan pergunakan harddisk tersebut.

  • Setelah itu gunakan program UNDELETE atau restorations atau program lainnya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

boleh nanya pak,

harddisk saya rusak gak kedetek ma biosnya trus kalo diperbaiki,kira-kira berapa ya,bunyinya keras dan berisik krek-krek,mohon solusinya

satyacom mengatakan...

Satya says,

saat ini adalah penulis menggunakan Magic Recovery Demo,walaupun demo soft ini memiliki kemampuan yang hebat dan sangat ampuh,terbukti dengan bisa mengembalikan data dari harddisk yang sudah terformat.