Selasa, April 29, 2008

Bagaimana cara menghilangkan bad sector

Bagaimana cara menghilangkan bad sector

Harddisk

Penting : Bila harddisk tersebut menyerang permukaan harddisk, harddisk tidak bisa diperbaiki / dihilangkan bad sector-nya. Namun jika harddisk yang rusak hanya logikanya saja kemungkinan masih bisa di atasi.

Cara 1: Dengan low format Dos 6.22

Cara 2: Dengan PC FORMAT dalam software PC TOOLS

Cara 3: Belilah CD yang berisi manajemen harddisk atau Harddisk tools dan carilah program yang bisa menghilangkan bad sector pada harddisk.

Bila kita sudah memformatnya, usahakan kita memformatnya paling tidak sampai bad sector pada harddisk berkurang banyak / bahkan hilang semua dan harddisk pulih kembali.

Disket

Bila bad sector itu terjadi pada disket maka tidak ada cara mengatasinya dan bila di disket itu terdapat data yang penting gunakanlah software yang bisa mengambil data pada disket yang terkena bad sector. Namun kemungkinan berhasilnya itu sangat kecil tergantung pada kondisi disket tersebut atau Anda juga bisa menggunakan Software Norton Disk Doctor ( NDD) yang terdapat pada Norton Utilities untuk memperbaiki disket dan memindahkan ke sector lain yang masih bagus.

Media Compact Disc / CD dan yang sejenisnya

Gunakan software Scan disc dari Direct CD untuk memindahkan / mengcopy data di cd tersebut, serta memperbaikinya.

Membersihkan CD denga cara menggunakan foam khusus CD, mencucinya dengan air / sabun , tetapi mencucinya dengan di poles dengan tangan / tisu dan di lap dengan handuk atau tisu. Usahakan tidak menggunakan lap yang kasar pakailah yang lembut.

Membersihkan Optik dengan cara menggunakan cd-cleaner atau buka tutup cd-rom atau media baca lain dan lap optiknya dengan alcohol yang sedikit atau gunakan kapas.

Berbagai Sumber

Tidak ada komentar: