Selasa, April 29, 2008

Bagaimana cara memformat harddisk

cBagaimana cara memformat harddisk ?

Cara 1: Gunakan disket start up windows 98. Lalu rubah boot setup ke Drive A: lalu save . Dan setelah computer merestart masukkan disket start up tersebut . Lalu pada prompt A: ketikkan “ FORMAT C:” maka akan muncul tampilan pertanyaan pilih YES maka harddiskpun di format. Anda dapat menambahkan parameter harddisk seperti /S untuk meletakkan DOS dalam harddisk dan /Q untuk memberi nama label volume harddisk.

Cara 2: Copot harddisk yang akan diformat lalu pasang pada computer lainnya dan pasang ke drive slave . Setelah itu Anda hidupkan computer masuklah ke my computer maka disitu Anda akan mendapatkan drive baru dari harddisk yang akan diformat . Distu juga Anda bisa mengcopy data pada harddisk yang akan diformat yang Anda anggap data itu penting. Setelah itu klik kanan drive harddisk tersebut dan pilih format lalu pilih start . Maka harddiskpun di format. ( Cara ini juga berguna untuk menyelamatkan data sebelum di format , menghapus virus, memformat tanpa masalah bad sector ,karena bad sector akan terlewati begitu saja , lain halnya dengan dos / booting disket start up yang formatnya akan macet, berhenti atau nge-hang apabila harddisk terdapat bad sector. Format akan lebih cepat dan bagus bila di format lewat Windows XP.

Cara 3: Lewat Cd Windows XP . Saat membuat partisi dan memformat partisi harddisk tersebut.

Cara 4: Format ini dilakukan ,karena harddisk terdapat bad sector ( kerusakan harddisk ) , karena format biasa harddisk tidak akan bisa terformat dan bad sector tidak bisa di hilangkan ( kerusakkan yang kecil yang bisa ) . Buatlah disket berisi Dos 6.22 atau gunakan PC FORMAT dari PC Tools. Lalu booting ke drive A : dan ketikan Format C: ( dengan Dos 6.22) . Catatan format tidak bisa dibuat ke Fat 32 dan maksimal ukuran harddisk 2.1 GB. Untuk buatlah beberapa partisi yang masing-masing besarnya tidak lebih dari 2.1 GB.

Tidak ada komentar: