Selasa, April 29, 2008

Bagaimana Cara menginstal System Operasi

Bagaimana Cara menginstal System Operasi

Hidupkan PC

Tekan DEL untuk masuk Bios, Setelah Anda sudah masuk ke tampilan Bios Setup masuklah ke dalam boot setting dan rubah BOOT STANDART dari Boot C menjadi Boot cdrom atau disabled pilihan boot selain boot cdroom yang diaktifkan, misalnya harddisk, floppy and other boot sequence yang dimatikan , yang aktif hanya cdroom saja atau bisa juga dengan cara rubah boot dari C,A,CDROOM / A,C,CDROOM atau sejenisnya dirubah ke CDROOM,C,A. Setelah itu anda pilih EXIT WITH SETUP dan pilih YES. Setelah itu computer akan merestart. Setelah computer merestart masukkan cd insatalasi System Operasi yang anda inginkan, misal Ms. Windows 3.11,Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Server 2003 atau bahkan Windows Vista. Disini Penulis akan mempraktekkan cara menginstal System Operasi Windows XP Professional dengan Service Pack 2 .Setelah Anda masukkan Cd OS nya maka computer akan segera memproses dan dilayar akan muncul tampilan booting.

Dibawah tampilan booting CD .Anda akan melihat tulisan PRESS ANY KEY TO BOOT FROM CDROOM lalu Anda tekan tombol apa saja pada keyboard, misal Enter. Lalu computer akan memboot cd. Lalu akan muncul tampilan berwarna biru ini menunjukkan proses pengecekan / identifikasi computer. Lalu Anda tunggu beberapa menit sampai proses selesai. Lalu setelah itu Anda akan masuk tampilan Windows XP Professional Setup. Disana Anda disuruh memilih dimana direktori atau tempat partisi mana yang akan dijadikan tempat menginstal Windows XP. Jika Anda sedang memakai harddisk baru Anda harus membuat Partisi / Pembagian Ruang harddisk menjadi beberapa partisi dan bagi Anda yang ingin membuat partisi berarti Anda harus menghapus drive C: atau primary harddisk tersebut terlebih dahulu dengan tekan tombol D lalu tekan tombol L untuk menghapus partisi tersebut . Setelah itu Anda baru bisa membuat partisi dengan cara tekan tombol C pada keyboard dan pilih ruang harddisk kosong yang ada pada kolom partisi , lalu Anda pilih berapa ukuran / size yang anda inginkan. Bila Anda mengisi ukuran / size dengan maksimum berarti Anda hanya membuat satu partisi , sedangkan untuk membuat partisi Anda bias membagi jumlah maksimum ruang harddisk menjadi beberapa bagian misal jumlah dibagi 2 berarti pada partisi yang pertama Anda isi separuh/ sebagian ruang kosong harddisk Anda , baru pada partisi kedua Anda isikan sisa yang sepparuh tadi. Anda bisa membuat partisi sampai Drive Z. Lalu setelah Anda membuat partisi Anda akan diperintahkan memformat partisi yang Anda buat . Maka Anda bisa memilih Format To NTFS/FAT 32 dan Anda bisa memilih metode format bisa pilih lambat atau quickly tergantung pilihan Anda. Misal Anda memilih Formatting Partitions to NTFS Quickly . Lalu proses format pun berlangsung maka tunggulah beberapa menit. Setelah itu system akan masuk ke proses copying yang nanti diperlukan dalam proses insatalasi windows dengan CD. Setelah proses tersebut computer akan mereboot atau merestat untuk selanjutnya masuk ke proses instalasi Windows XP. Maka pada saat computer itu hidup lagi Anda tekan tombol del untuk mengembalikan boot ke harddisk caranya rubah boot cdroom ke boot standart atau ke boot C: atau boot harddisk. Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti Load default setting maka bios akan merubah setting menjadi standart. Setelah itu pilih exit with saving dan computerpun akan merestart . Lalu setelah computer telah hidup kembali computer akan masuk ke proses Instalasi Windows disini Anda Cuma akan melihat proses instalasi windows.

Proses ini standartnya hanya memerlukan waktu 39 menit itu tergantung pada spesifikasi computer Anda semakin bagus / cepat computer tersebut proses install menjadi lebih cepat . Pada saat Penulis menginstal proses instalasi hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan speed prosessor 2.26 GHZ. Saat proses instalasi windows anda hanya melihat saja maka santailah dan tunggu hingga proses selesai. Maka setelah selesai computer akan merestart. Setelah itu computer akan mulai masuk ke system windows xp yang barusan telah selesai di install, maka setelah system masuk ke system operasi Windows XP Anda hanya akan ditanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan WINDOWS UPDATES sebaiknya pilih no , karena belum tentu cd Windows XP yang Anda pakai itu Orisinil dari Microsoft . Lalu setelah itu Anda akan ditanyakan dan disuruh mengisi Account / user pengguna . Maka isilah Nama Anda setelah itu pilih next lalu pilih exit . Selanjutnya Anda akan masuk ketampilan windows xp . Setelah ini maka Anda tinggal driver-driver yang diperlukan system ,driver itu Anda dapat dari CD motherboard saat Anda membeli computer dulunya, maka installah drivernya ( seperti driver suara, VGA , Lan, Modem, dsb) . Setelah itu restart computer selanjutnya tinggal install Aplikasi yang akan Anda perlukan di computer tersebut ( Seperti Aplikasi Office,Multimedia, dan hiburan atau yang lainnya dan computerpun siap Anda gunakan untuk berbagai keperluan yang Anda butuhkan.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

oh ya lupa,proxy bwt inet axis cepet mana kok lom diposting sih

Anonim mengatakan...

oh ya lupa,proxy bwt inet axis cepet mana kok lom diposting sih

Anonim mengatakan...

oh ya lupa,proxy bwt inet axis cepet mana kok lom diposting sih